Laman

Piala Dunia 1930, Uruguay

Piala Dunia 1930 merupakan Piala Dunia yang pertama. Uruguay dipercaya oleh FIFA menjadi tuan rumah, setelah menyingkirkan calon tuan rumah lainnya : Spanyol, Itali, Hungaria, Swedia, dan Belanda. Alasan terpilihnya Uruguay menjadi tuan rumah dikarnakan negara  tsb akan merayakan ulang tahun ke 100 nya dan atas prestasi mereka yang baru saja meraih mendali emas Olimpiade 1928.

Piala Dunia 1930 diikuti 13 tim,  dan terbagi 4 grup di babak penyisihan. Hanya juara grup yang berhak lolos ke babak berikutnya, semifinal.

Uruguay tergabung di grup 3, bersama Rumania dan Peru. Pertandingan pertama Uruguay melawan Peru, dimenangkan Uruguay dengan skor 1 -  0. Pada pertandingan kedua melawan Rumania, Uruguay kembali unggul dengan skor 4 - 0.

Di babak semifinal, Uruguay tampil lebih ganas dengan mencukur wakil Eropa, Yugoslavia dengan skor 6 - 1.

FINAL
Laga final Piala Dunia 1930 adalah laga ulang final Olimpiade 1928, dimana Uruguay juga berjumpa Argentina, dan berhasil unggul 2 - 1 setelah melewati laga ulang (Pada saat itu, babak perpanjangan waktu & adu pinalti belum diperkenalkan, bila dalam 2x45 menit kedua tim masih imbang, maka akan di gelar laga ulang).

Laga final tersebut di pimpin wasit asal Belgia, John Langenus yang baru setuju menjadi pemimpin pertandingan final beberapa jam sebelum pertandingan dimulai. Hal tersebut dikarnakan kekhawatiran akan keselamatan dirinya selepas laga final. Salah satu syarat yg dia minta sebelum setuju menjadi wasit partai Final Piala Dunia 1930, adalah permintaanya untuk di sediakan kapal laut yang telah stand by di pelabuhan, yang siap mengantarkannya segera pulang ke negaranya kurang dari 1 jam setelah partai final tersebut usai.

Laga berlangsung ketat, Uruguay unggul terlebih dahulu setelah Pablo Dorado pada menit ke 12 mencetak gol, Argentina membalas dengan dua gol yang di cetak Carlos Paucelle di menit ke 20 dan Guillermo Stabille di menit 37 yang menutup babak pertama dengan keunggulan Argentina 2 - 1.

Babak kedua, Uruguay meningkatkan serangan hasil nya 3 gol bersarang di gawang Argentina leeat gol2  Pedro Cea menit ke 57,  Santos Iriarte menit ke 68 , dan Hector Castri menit ke 89. Saat laga usai Uruguay unggul dengan skor 4 - 2, Uruguay berhak menjadi peraih juara Piala Dunia yang pertama (1930).

Sumber https://en.m.wikipedia.org/wiki/1930_FIFA_World_Cup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar