Piala Dunia FIFA 1930, Uruguay

Piala Dunia FIFA 1930 adalah penyelenggaraan Piala Dunia untuk pertama kaliny yang di selenggarakan di Uruguay. Penyelenggaraannya dilangsungkan dari tanngal 13 Juli - 30 Juli. Uruguay dipilih oleh FIFA (Federation Internationale de FootballAssociation) menjadi tuan rumah Piala Dunia yang pertama ketika Uruguay sedang dalam moment perayaan 100 tahun hari kemerdekaanya, tepatnya satu tahun sebelumnnya, 1929.
Piala Dunia pertama ini, adalah satu-satu ajang Piala Dunia yang diselenggarakan tanpa melalui babak kualifikasi. Tiga belas peserta selain tuan rumah Uruguay, mengikuti ajang ini hanya melalui undangan.
Pada awalnya minat keikutsertaan tim-tim dari Eropa sangatlah minim, dikarnakan susahnya perjalanan melewati samudra Atlantik. Hingga dua bualn menjelang turnamen diadakan, tidak ada konfirmasi dari tim-tim dari Eropa untuk berpatisipasi. Hal tersebut mengundang Presiden FIFA pada saat itu, Jules Rimet untuk campur tangan mengajak beberapa tim Eropa untuk ikut serta. Akhirnya hanya empat tim dari Eropa yang memenuhi undangan tersebut yaitu : Prancis, Belgia, Yugoslavia, dan Rumania.

Tiga belas tim peserta dibagi menjadi empat grup. Berikut pembagian grup :
Grup A : Argentina, Chili, Prancis , Meksiko
Grup B : Yugoslavia, Brasil, Bolivia
Grup C : Uruguay, Rumania, Peru
Grup D : Amerika Serikat, Paraguay, Belgia.

Hasil dari babak penyisihan grup menghasilkan Argentina, Yugoslavia, Uruguay, dan Amerika Serikat keluar sebagai juara grup. Di babak semifinal Argentina bertemu Amerika Serikat dan tuan rumah Uruguay bertemu wakil dari Eropa Yugoslavia. Kedua hasil pertandingan menghasilkan skor yang sama, 6-1 untuk kemenangan Argentina dan Uruguay yang akan bertemu pada partai final. Sedangkan tim-tim yang kalah pada babak semifinal, Amerika Serikat dan Yugoslavia dinyatakan sebagai juara ketiga bersama, dikarnakan belum diadakannya pertandingan perebutan tempat ketiga.

Partai final Piala Dunia 1930 adalah partai ulangan final Olimpiade 1928 cabang sepakbola, dimana pada saat itu Uruguay unggul 2-1 atas Argentina. Pada partai final tersebut Uruguay kembali mengungguli Argentina dengan skor 4-2, yang akhirnya mengukuhkan Uruguay sebagai juara pada Piala Dunia yang baru pertama kali diadakan tersebut. Gol bagi Uruguay diciptakan oleh Pablo Dorado, Pedro Cea, Victoriano Santos Iriarte, dan Hector Castro. Sedangkan gol bagi Argentina diciptakan olehCarlos Peucelle, dan Guillermo Stabile.

Berikut Ringkasan Turnamen :
  • Tuan Rumah : Uruguay
  • Peserta : Argentina, Bolivia, Brasil, Chili, Paraguay, Peru (CONMEBOL), AS, Meksiko (OCEAANIA), Belgia, Prancis, Rumania, Yugoslavia (UEFA).
  • Veneu Pertandingan : Stadion Centenario, Stadion Grand Praque Central, dan Stadion Pocitos (ketiganya di Motevideo)
  • Juara : Uruguay
  • Runner- Up : Argentina
  • Semifinalis : Amerika Serikat dan Yugoslavia
  • Jumblah Pertandingan : 18
  • Jumblah Gol : 70 (3,89/pertandingan)
  • Jumblah Penonton : 434.500 (24.139/pertandingan)
  • TopSkor : Guillermo Stabile

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar